Profil

September, 10 2019 06:59
Oleh HUMAS INSURI Po

IDENTITAS PROGRAM STUDI PGMI

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) INSURI merupakan salah satu Program Studi di bawah naungan Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo yang menyelenggarakan Pendidikan Strata Satu (Sarjana) atau Diploma-IV. Program Studi ini terletak di Jl. Batoro Katong, No. 32 Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Program Studi PGMI berdiri sejak tanggal 1 Desember 1988 dengan Nomor Surat Keputusan 259 Tahun 1988 yang ditandangani oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam (H. Muhajir Sadzali) dan mulai diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 1998. Prodi ini mulai beroperasional pada tanggal 27 Oktober 2008 melalui Surat Keputusan Izin Operasional DJ.I/385/2008. Semenjak tanggal 26 Januari 2017, Program Studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah (PGMI) INSURI mendapat predikat CUKUP (C) dengan nilai kumulatif 296 dengan Nomor SK BAN-PT 0451/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 dan saat ini sedang dalam proses reakreditasi untuk mendapatkan nilai akreditasi yang lebih baik. Sesuai visi dan misinya, Program Studi Pendidikan Guru MI INSURI berkonsentrasi mewujudkan program studi yang menghasilkan sarjana unggul di bidang metodologi pendidikan dasar Islam pada 2027. Masa studi dalam perkuliahan di prodi ini sekurang-kurangnya adalah delapan semester atau empat tahun dan maksimal empat belas semester atau tujuh tahun. Mahasiswa yang lulus dari Program Studi PBA akan meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Untuk mengakses informasi terkait prodi PGMI INSURI dapat mengunjungi laman https://pgmi.insuriponorogo.ac.id/ atau media sosial yang ada.

SEJARAH PROGRAM STUDI PGMI

Sejarah lahirnya program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo tidak lepas dari embrio program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berdiri lebih dahulu. Pada mulanya, kebutuhan akan tenaga pendidik (guru) dalam bidang guru kelas MI sangatlah terbatas, saat itu embrio prodi PGMI adalah D2 PGSD dimana 95% lulusan diterima sebagai guru kelas CPNS Kementerian Agama tahun 2006. karena adanya regulasi aturan yang harus menomenklatur ulang prodi yang ada, maka muncullah prodi PGMI. saat ini prospek lulusan PGMi sangatlah tinggi, dilihat dari semakin banyaknya lembaga sekolah MI yang berdiri di Ponorogo berdampak pada banyaknya alumni prodi PGMi yang terserap masuk pada lembaga lemabaga MI yang ada.

PROFIL LULUSAN

Guru kelas MI

Sebagai Prodi yang menyelenggarakan pendidikan jenjang strata satu (S1) dan di bawah naungan Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) INSURI menyelenggarakan pendidikan dengan target lulusan yang Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul di bidang metodologi pendidikan dasar Islam pada tahun 2027, Memiliki tenaga pendidik yang unggul dalam bidang penelitian dan menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang mampu mengembangkan keilmuan tentang metodologi pendidikan dasar islam melalui riset dan penelitian baik mandiri maupun berkolaborasi dengan dosen pada tahun 2027, Memiliki tenaga pendidik yang unggul dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dan menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang mampu mengaplikasikan keilmuan tentang metodologi pendidikan dasar islam pada lembaga-lembaga pendidikan dasar di masyarakat baik melalui kegiatan PPL, KPPM, maupun bakti sosial pada tahun 2027, Memiliki tenaga pendidik yang mampu menjalin kerjasama dengan instansi lembaga pendidikan dasar dan organisaasi guru mata pelajaran pendidikan dasar islam, dan menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang mampu memperluas jaringan dengan instansi-instansi pendidikan pada tahun 2027.