Kurikulum
LANDASAN KURIKULUM KKNI 2016
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.
KKNI 2016 pada Program Studi Pendidikan Guru MI Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo sudah diterapkan semenjak tahun akademik 2016/ 2017. Dalam kurikulum ini, prodi PGMI INSURI Ponorogo berusaha mengintegrasikan aspek pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja guna meyiapkan mahasiswa yang terampil di bidang pengajaran semua mata pelajaran kecuali olahraga dan mpeajaran baahsa arab dan peneliti. Mata kuliah yang dirumuskan turut menyertai dalam pembentukan visi dan misi prodi. Aktualisasi kurikulum KKNI 2016 di prodi PGMI INSURI Ponorogo ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan relatif. Adanya aktualisasi ini diharapakan memberi solusi alternatif terhadap perkembangan kurikulum di Perguruan Tinggi saat ini.
Kemudian, landasan Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru MI merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mengacu pada peraturan-peraturan di bawah ini :
- Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
- Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
- Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia di Bidang Pendidikan Tinggi (KKNI)
- Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
- Peraturan Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan tinggi No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)
- STATUTA Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Batoro Katong (YAPERTINUKA) Ponorogo tahun 2012
STRUKTUR MATA KULIAH
Kelompok Mata Kuliah | SKS | Keterangan |
Mata Kuliah Dasar/Umum | 18 | Wajib |
Mata Kuliah Institut | 16 | Wajib |
Mata Kuliah Fakultas | 18 | Wajib |
Mata Kuliah Program Studi | 107 | Wajib |
JUMLAH | 159 | Wajib |
SEBARAN MATA KULIAH PRODI PBA INSURI PONOROGO
Semester I
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PGMI0101 | Pancasila | 2 |
2 | PGMI0102 | Pengantar Studi Islam | 2 |
3 | PGMI0103 | Studi Al-Qur’an | 2 |
4 | PGMI0104 | Aswaja 1 | 2 |
5 | PGMI0105 | Aqidah/Tauhid | 2 |
6 | PGMI0106 | Bahasa Arab 1 | 2 |
7 | PGMI0107 | Akhlaq/Tasawuf | 2 |
8 | PGMI0108 | Bahasa Indonesia/TPKI | 2 |
9 | PGMI0109 | IPA 1 | 2 |
10 | PGMI0110 | IPS 1 | 2 |
JUMLAH | 20 |
Semester II
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PGMI0111 | Studi Hadits | 2 |
2 | PGMI0112 | Bahasa Arab 2 | 2 |
3 | PGMI0113 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
4 | PGMI0114 | Psikologi Umum | 2 |
5 | PGMI0115 | Pengantar Filsafat | 2 |
6 | PGMI0116 | Aswaja 2 | 2 |
7 | PGMI0117 | Matematika 1 | 2 |
8 | PGMI0118 | IPA 2 | 2 |
9 | PGMI0119 | IPS 2 | 2 |
10 | PGMI0120 | PKn | 2 |
11 | PGMI0121 | Al-Qur’an 1 | 2 |
12 | PGMI0122 | Penjas OR | 2 |
JUMLAH | 24 |
Semester III
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PGMI0123 | Ilmu Pendidikan | 2 |
2 | PGMI0124 | Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI | 2 |
3 | PGMI0125 | Psikologi Perkembangan | 2 |
4 | PGMI0126 | Bimbingan Konseling | 2 |
5 | PGMI0127 | Model dan Strategi Pembelajaran | 2 |
6 | PGMI0128 | Bahasa Indonesia 1 | 2 |
7 | PGMI0129 | Matematika 2 | 2 |
8 | PGMI0130 | Sejarah Kebudayaan Islam | 2 |
9 | PGMI0131 | Pengelolaan Kelas | 2 |
10 | PGMI0132 | Evaluasi Pembelajaran | 2 |
11 | PGMI0133 | Media Pembelajaran | 2 |
JUMLAH | 22 |
Semester IV
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PGMI0134 | Pembelajaran Matematika MI | 3 |
2 | PGMI0135 | Pembelajaran IPA MI | 3 |
3 | PGMI0136 | Bahasa Indonesia 2 | 2 |
4 | PGMI0137 | Pengembangan Kurikulum | 2 |
5 | PGMI0138 | Bahasa Jawa | 2 |
6 | PGMI0139 | Pembelajaran Seni Budaya | 2 |
7 | PGMI0140 | Al-Qur’an 2 | 2 |
8 | PGMI0141 | Perencanaan Pembelajaran | 2 |
9 | PGMI0142 | Pembelajaran Tematik | 2 |
10 | PGMI0143 | Psikologi Belajar | 2 |
11 | PGMI0144 | Pembelajaran IPS MI | 3 |
JUMLAH | 25 |
Semester V
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PGMI0145 | Pembelajaran SKI MI | 2 |
2 | PGMI0146 | Pembelajaran Bahasa Indonesia MI | 3 |
3 | PGMI0147 | Pembelajaran Bahasa Arab MI | 2 |
4 | PGMI0148 | Pembelajaran Fiqih MI | 2 |
5 | PGMI0149 | Pembelajaran Aqidah Akhlaq MI | 2 |
6 | PGMI0150 | Pembelajaran Prakarya MI | 2 |
7 | PGMI0151 | Metode Penelitian | 2 |
8 | PGMI0152 | Pembelajaran PKn MI | 2 |
9 | PGMI0153 | Pembelajaran Bahasa Inggris MI | 2 |
10 | PGMI0154 | Pembelajaran Bahasa Jawa MI | 2 |
JUMLAH | 21 |
Semester VI
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | 3 | ||
2 | 2 | ||
3 | 3 | ||
4 | 2 | ||
5 | 2 | ||
6 | 2 | ||
7 | 2 | ||
8 | 2 | ||
9 | 2 | ||
10 | 2 | ||
JUMLAH | 22 |
Semester VII
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | 4 | ||
2 | 6 | ||
3 | 2 | ||
4 | 2 | ||
5 | 2 | ||
6 | 2 | ||
7 | 2 | ||
8 | 0 | ||
JUMLAH | 20 |
Semester VIII
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | Skripsi | 6 | |
JUMLAH | 6 |
PENUTUP
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.
KKNI 2016 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo diterapkan semenjak tahun akademik 2016/ 2017. Dalam kurikulum ini, prodi PBA INSURI Ponorogo berusaha mengintegrasikan aspek pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja guna meyiapkan mahasiswa yang terampil di bidang pengajaran bahasa Arab, penerjemah, dan peneliti Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Mata kuliah yang dirumuskan turut menyertai dalam pembentukan visi dan misi prodi. Aktualisasi kurikulum KKNI 2016 di prodi PBA INSURI Ponorogo ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan relatif. Adanya aktualisasi KKNI 2016 diharapakan memberi solusi alternatif terhadap perkembangan kurikulum di Perguruan Tinggi saat ini.